Monday 29 August 2016

Mengenal Interface dan Fitur-Fitur dalam Android Studio

Tags

Mengenal Interface dan Fitur-Fitur dalam Android Studio – Pada ulasan sebelumnya kita sudah berhasil membuat sebuah project baru dengan android studio. Apabila proses build telah selesai kita akan disuguhi sebuah interface yang akan menjadi tempat kita membuat sebuah project. Ada baiknya sebelum kita mulai belajar coding, kita mengenal interface yang ada. Karena bisa saja akan memberikan kemudahan suatu saat.

Interface IDE Android Studio
Dari gambar diatas, kita dapat membagi bagian interface Android Studio menjadi beberapa bagian seperti yang sudah saya beri nomor. Berikut penjelasannya :
  1. Menu – menu disini merupakan menu utama dalam android studio, dengan menu utama ini kita dapat melakukan keseluruhan pengaturan tentang project kita.
  2. Toolbar – toolbar berfungsi untuk mempermudah anda dalam melakukan suatu tindakan atau perintah yang sering kita gunakan tanpa harus membuka menu. Misalnya perintah running, save dan lain lagi.
  3. Navigation bar – digunakan untuk navigasi file yang sedang kita buka. Untuk navigasi file secara keseluruhan akan dapat lebih lengkap dilihat dalam tool window.
  4. Tools window – dengan tools window anda dapat melakukan akses file-file pada project untuk melakukan manajemen project, pencarian, kontrol versi dan lainnya.
  5. Editor window – didalam editor ini kita akan menuliskan kode-kode dan konfigurasi yang ingin dilakukan. Tidak hanya untuk mengubah file class, kita juga dapat mengubah file layout sesuai keinginan dengan menuliskan XML. Selain itu apabila ingin melakukan konfigurasi tambahan pada file gradle anda juga akan mengetikkan pada editor setelah membuka file gradle project.
  6. Status bar – statur bas menampilkan status project anda, status IDE itu sendiri dan peringatan-peringatan.
Demikian ulasan singkat mengenai interface menu dalam Android Studio. Sebenarnya masih banyak lagi yang masih bisa kita pelajari karena Android Studio termasuk tools yang komplek, silahkan jangan takut untuk mencoba sendiri untuk membuka fitur-fitur yang telah disediakan. Dalam artikel selanjutnya kita akan mencoba mengubah tema Android Studio sesuai yang kita inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.


EmoticonEmoticon